Apa itu Gender?


Gender, apa itu gender?

Ternyata pengklasifikasian gender tidak sesimpel yang saya pikir. Dulu saya pikir, gender diklasifikasikan berdasarkan kromosom XX atau XY. Tapi ternyata tidak sesimpel itu. Gender bukan masalah seks atau jenis kelamin apalagi alat kelamin.

taken from google

Kata gender dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa Inggris. Kalau dilihat dalam kamus, tidak jelas dibedakan pengertian antara kata seks dan gender. Padahal ternyata keduanya memilki pengertian yang berbeda.

Jika seks atau jenis kelamin diklasifikasikan berdaskan kromosom XX atau XY, sehingga seks tidak dapat berubah, tidak dapat dipertukarkan, berlaku sepanjang hidup manusia dan merupakan kodrat atau ciptaan Tuhan. Meski saat ini teknologi sudah sangat canggih, Tuhan sudah menetapkan kodrat masing-masing. Misalnya, bahwa manusia dengan jenis kelamin  laki-laki adalah manusia yang memiliki : penis dan memproduksi sperma. Sedangkan perempuan memiliki alat reproduksi seperti rahim, leher rahim, vagina, alat untuk menyusui dan memproduksi sel telur. Alat-alat tersebut secara biologis melekat pada manusia jenis kelamin perempuan dan laki-laki selamanya. Artinya secara biologis alat-alat tersebut tidak bisa dipertukarkan antara laki-laki dan perempuan. Jadi secantik apapun waria, dia berkromosom XY.

Lalu bagaimana dengan seseorang yang memiliki kromosom XXY (sindrom klinefelter) yang banyak dapat menimpa pemilik kromosom XY ataupun seseorang yang memiliki kromosom XXX yang dapat menimpa pemilik kromosom XX? Setahu saya, ini merupakan salah satu anomali dalam kriteria seks dan saya tidak memiliki pengetahuan yang bagus mengenai itu.

Sedangkan gender lebih cenderung pada perbedaan dan fungsi peran sosial yang dikonstruksikan oleh masyarakat sehingga menurut saya gender belum tentu sama di tempat yang berbeda, dan dapat berubah dari waktu ke waktu serta dapat dikatakan bahwa gender bukanlah kodrat ataupun ketentuan Tuhan. Ada yang mengatakan bahwa gender berkaitan dengan proses keyakinan bagaimana seharusnya laki-laki dan perempuan berperan dan bertindak sesuai dengan tata nilai yang terstruktur, ketentuan sosial dan budaya ditempat mereka berada. Dengan demikian gender dapat dikatakan pembedaan peran, fungsi, tanggung jawab antara perempuan dan laki-laki yang dibentuk/dikonstruksi oleh sosial budaya dan dapat berubah sesuai perkembangan zaman. Konsep gender yang dikonstruksikan oleh masyarakat secara sosial dan kultural berupa sifat-sifat yang dimiliki pada manusia, misalnya saja (apa yang kita sebut) laki-laki/male dianggap kuat, rasional, perkasa, dan sederet karaktersitik yang masuk dalam daftar maskulin.  Sementara yang kita kenal sebagi wanita adalah seseorang yang lemah lembut, keibuan, emosional dan sederet karateristik feminimnya. Tapi pengkalsifikasian ini sangat lemah, bagaimana dengan seseorang berkromosom XY namun emosional, keibuan atau seseorang berkromosom XX yang kuat, perkasa dan memiliki sifat maskulin lebih banyak dari sifat feminimnya (lain dari kebanyakan jenisnya)? Sifat-sifat atau karakteristik ini dapat dipertukarkan berdasarkan tata nilai, kultur dan waktu.

Jika seorang berkromosom XY berperilaku seperti orang yang memiliki kromosom XX, bahkan mengubah penampilan, maka fenomena ini kita kenal dengan istilah transgender, perubahan gender, karena (sekali lagi) gender dapat dipertukarkan.

gender gambar dari google

Masyarakat mengkonstruksikan bahwa seharusnya laki-laki (seseorang yang memiliki kromosom XY) menyukai wanita (seseorang yang berkromosom XY) dan sebaliknya, lalu bagaimana dengan pemilik kromosom XY yang menyukai orang yang memiliki kromosom XY begitu juga dengan orang berkromosom XX menyukai sesama pemilik kromosom XX? Masyarakat menganggap ini tidak normal, dan muncullah istilah homo (penyuka sesama jenis).

Jika gender merupakan pengklasifikasian manusia berdasarkan karakteristik yang dimiliki, apakah berarti penyuka sesama jenis atau apapun karakteristik yang dia miliki dapat menambahkan satu atau beberapa sub untuk gender, sehingga gender tidak hanya terdiri dari female and male, tapi masih ada istilah yang lain.

Di wikipedia dituliskan bahwa :

Gender is a range of characteristics of femininity, masculinity and others described as third gender. Depending on the context, the describing characteristics vary from sex to social roles (gender roles) to gender identity.

Lalu, apakah third gender itu?

*Link tambahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 619 other followers

%d bloggers like this: